Dampak Yang Akan Timbul Akibat Kurangnya Mengkonsumsi Asam Folat

Banyak orang yang tidak menyadari kalau kurang mengkonsumsi asam folat dapat berakibat buruk pada kesehatan seseorang terutama pada seseorang yang sedang hamil. Maka daripada itu kita harus memastikan kalau ibu hamil memiliki asupan asam folat yang terpenuhi dengan sangat baik selama kehamilan. Pada dasarnya, kekurangan mengkonsumsi asam folat dapat berakibat sangat buruk kepada kesehatan ibu hamil maupun janinnya. Kebutuhan asam folat pada ibu yang sedang hamil sangat penting untuk dipenuhi. Karena jika ibu hamil kekurangan mengkonsumsi asam folat saat seseorang hamil dapat membuat seseorang menjadi lemas dan juga lelah. Kurangnya mengkonsumsi asam folat pada ibu hamil selain dapat menyebabkan rasa lelah dan juga lemas juga dapat mnyebabkan terhambatnya dan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan janin pada ibu hamil. 

Dampak dampak yang mungkin timbul akibat kurang mengkonsumsi asam folat antara lain, yaitu:

  1. Dapat menyebabkan penyakit anemia

Asam folat mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem kerja pembentukan sel darah merah. Jadi jika kurang mengkonsumsi asam folat pada seseorang yang sedang hamil dapat menyebabkan tingginya risiko terjadinya anemia. Penyakit anemia ini jika terjadi pada seseorang yang sedang hamil tidak boleh untuk disepelekan. Karena dapat beresiko menyebabkan persalinan prematur dan juga bayi lahir dengan mempunyai berat badan yang sangat rendah.

2. Dapat menyebabkan penyakit preeklampsia

Preeklampsia adalah keadaan yang sangat perlu untuk diperhatikan dan juga diwaspadai karena dapat menancam jiwa seorang ibu yang sedang hamil dan juga bayi dalam kandungan ibu hamil tersebut.

3. Dapat menghambat pertumbuhan dan juga perkembangan ibu hamil 

Perkembangan dan pertumbuhan pada janin yang terdapat dalam kandungan ibu hamil dapat menjadi tidak optimal jikalau asupan asam folat yang dibutuhkan tidak dipenuhi dengan baik pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena asam folat mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan sel pada janin, dan juga menjadi bagian yang sangat amat penting dalam memproduksi, memperbaiki, dan juga menjaga fungsi DNA pada bayi dalam kandungan. 

Masih banyak lagi dampak yang akan timbul akibat kurangnya mengkonsumsi asam folat pada ibu hamil yang dapat berdampak bahaya pada ibu hamil maupun bayinya. Jadi cukupilah asam folat pada ibu hamil agar bayi dan ibunya dapat terjaga kesehatanya.